Perbedaan Kartu Kredit dan Debit

Di zaman yang serba instan dan modern kekinian, ada banyak hal yang sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat pada umumnya. Seperti dalam hal melakukan kegiatan ekonomi seperti belanja, liburan, makan dan lainnya. Sebelum inovasi ini hadir banyak orang yang lebih memilih membawa uang cash atau tunai kemana – mana.

Entah itu untuk belanja, makan, dan sebagainya, namun berbeda semenjak teknologi dan dunia digital mulai merambah.

Orang tidak perlu repot membawa uang cash untuk menghindari juga dari hal yang tidak diinginkan, maka mulailah banyak tempat belanja, restoran, hotel dan lainnya yang memberlakukan semua transaksi dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Tentu saja hal ini menjadi satu kemudahan yang menjadi hal baru untuk dibiasakan, selain menghindari resiko uang hilang, terjatuh, dirampok dan sebagainya.

Menggunakan kartu jauh lebih efektif, mudah juga cepat. Seringnya kartu debit dan kartu kredit menjadi andalan setiap orang yang sebelumnya sudah memilikinya.

Namun, sebagai pengguna apakah mengetahui perbedaan kartu kredit dan debit yang mungkin jarang diketahui setiap orang.

Untuk itulah artikel berikut ini akan membahas mengenai kedua hal tersebut. Simak baik – baik bahasan dibawah ini.

Perbedaan Kartu Kredit dan Debit

 

Tentang Kartu Kredit Dan Kartu Debit

Pengertian Kartu debit jika ditelusuri melalui definisi Wikipedia merupakan sebuah kartu pembayaran elektronik yang dibuat pihak perbankan.

Kartu dengan bahan plastik ini, sering kali disebut sebagai kartu ATM, yang memiliki manfaat bisa dipakai untuk menarik tunai, transfer uang dan hal perbankan lain melalui mesin ATM.

Sedangkan Kartu kredit atau disebut kartu utang yang memiliki manfaat bisa dipakai untuk melakukan pinjaman uang ke bank penerbit.

Dimana dengan syarat dan ketentuan, memiliki batas tertentu dan harus dibayar sesuai tanggalnya. Hanya dengan kartu kredit Anda bisa membayarnya dengan cara dicicil atau dibayar langsung lunas.

Namun resikonya menggunakan kartu kredit apabila Anda menunggak atau telat bayar akan ada biaya bunga dan denda yang wajib dibayar juga.

Keuntungan Kartu Kredit dan Debit

Secara Mekanisme

Anda tentu sudah tahu jika kedua kartu ini dikeluarkan dari pihak Bank, baik itu Bank pemerintah dan juga Bank milik swasta.

Dimana untuk menggunakan kartu ini Anda akan diminta memasukkan PIN atau sandi yang sebelumnya sudah Anda dapatkan dan ubah.

Ingin tahu mengenai perbedaan antara kedua kartu ini, simak penjelasannya berikut.

Kartu Debit

  1. Kartu debit dibuat oleh pihak Bank bagi nasabahnya.
  2. Memiliki tabungan atau saldo dan limit transaksi berdasar pada jumlah tabungan.
  3. Tanpa dipungut biaya tahunan dan biaya transaksi otomatis akan dipotong dari saldo langsung.
  4. Khusus transaksi tarik tunai menggunakan ATM bank penerbit tidak terkena biaya.
  5. Hanya bisa digunakan untuk transaksi online.

Kartu Kredit

  1. Nasabah tidak harus memiliki tabungan di Bank penerbit kartu kredit.
  2. Tidak harus memiliki saldo atau nominal uang.
  3. Nasabah dikenakan biaya angsuran setiap bulan, dan ada bunganya serta denda yang dihitung. Denda berlaku jika angsuran tidak dapat dibayar sesuai tanggal jatuh tempo atau nasabah menunggak.
  4. Nasabah bisa tarik tunai Kartu kredit menggunakan mesin ATM, tapi ada biaya yang dikenakan dan jumlah penarikan dibatasi sesuai limit yang diberikan.
  5. Anda akan dibebani dengan biaya tahunan, biaya materai dan pembayaran lain.
  6. Untuk transaksi menggunakan kartu kredit harus dibubuhi dengan tanda tangan, dan PIN digunakan untuk transaksi tarik tunai melalui mesin ATM.
  7. Butuh 3 digit angka terakhir pada kartu kredit dalam melakukan transaksi secara online.

Secara Manfaat

Berikut beberapa perbedaan antara kartu kredit dan kartu debit dari sisi manfaat, yaitu:

Kartu Debit

  1. Tabungan bergerak: Anda bisa dengan bebas menggunakan kartu sesuai kebutuhan seperti melakukan transaksi transfer, menarik yang, cek saldo dan sebagainya.
  2. Efektif : Cukup datang ke mesin ATM dan Anda bisa gunakan kapan saja sesuai jumlah kebutuhan.
  3. Bisa digunakan untuk belanja : Memudahkan Anda berbelanja melalui online dan juga offline di gerai manapun dengan cepat.
  4. Tanpa bunga atau denda : Anda tidak perlu takut memikirkan bunga atau denda, karena kartu debit tidak diberlakukan aturan tersebut.
  5. Tanpa cicilan bulanan : Anda tidak akan terkena beban angsuran selama Anda melakukan transaksi sesuai nominal dan ketentuan yang berlaku.
  6. Bisa melakukan transaksi dengan jumlah besar : Anda bisa melakukan transaksi dengan jumlah besar selama tidak melebihi ambang saldo tabungan Anda.
  7. Tanpa beban utang: Dengan menggunakan kartu debit, maka Anda sama sekali tidak akan dikenakan hutang karena mutlak menggunakan saldo tabungan Anda.
  8. Mudah dalam mendapatkan uang tunai : Anda kapan saja bisa mendapatkan uang tunai selama saldo Anda tercukupi digerai mesin ATM, dan toko yang memberikan layanan tarik tunai.

Kartu Kredit

  1. Kemudahan dalam berbelanja online : Dengan munculnya aplikasi belanja online maka ada banyak tawaran belanja dengan sistem kartu kredit.
  2. Berbagai promo yang ditawarkan : Menggunakan kartu sakti ini maka Anda bisa menikmati kucuran promo, baik yang ditawarkan dari pihak Bank dan juga gerai yang sudah bekerja sama. Anda juga bisa mendapatkan layanan promosi seperti reward, point, cashback, diskon dan sebagainya.
  3. Memudahkan bertransaksi di luar negeri : Memiliki kartu kredit akan memudahkan Anda melakukan transaksi saat berada di luar negeri, kareka kartu ini sudah menjangkau seluruh negara atau mancanegara, jadi lebih mudah dan praktis.
  4. Bisa dibayar belakangan : Setelah Anda puas berbelanja, hal yang menarik dari menggunakan kartu kredit yaitu bayar dibelakang atau ditangguhkan atau bisa dicicil sesuai ketentuan yang berlaku.
  5. Dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak atau emergency: Saat Anda membutuhkan dana cepat secara mendesak Kartu kredit menjadi pilihan mendapatkan dana secara mudah dan cepat, dimana cara bayarnya bisa mencicil.
  6. Bisa membayar semua tagihan : Anda  bisa membayar segala macam bentuk tagihan seperti listrik, air, pulsa dan sebagainya hanya dengan menggunakan kartu sakti ini.
  7. Lebih aman : Menggunakan kartu kredit lebih aman, karena Anda cukup blokir jika kartu hilang atau sebagainya..
  8. Mudah dalam melakukan pemantauan: Dengan menggunakan kartu kredit Anda lebih mudah dalam melakukan kontrol terhadap pengeluaran dan menghitung setiap transaksi yang dikeluarkan, sehingga lebih terpantau.

Kekurangan Kartu Kredit dan Debit

Walau banyak manfaat yang bisa dinikmati dengan menggunakan kedua kartu ini, namun ada juga kelemahan yang harus Anda ketahui, diantaranya yaitu:

Kartu Debit

  • Dengan kartu ini Anda bisa kapan saja dan dimana saja melakukan transaksi sesuai kebutuhan. Asalkan jumlah saldo di tabungan mencukupi.Jika tidak maka Anda tidak bisa menggunakannya.
  • Kartu debit tidak akan menemukan yang namanya promo, cashback dan sebagainya.
  • Kurang aman dan mudah disalahgunakan pihak lain.

Kartu Kredit

  • Memiliki bunga dan biaya denda yang lumayan tinggi, ditambah jika Anda menunggak dalam pembayaran dalam waktu lama.
  • Memiliki jatuh tempo yang ketat, sehingga jika tidak segera dibayar dalam waktu yang ditentukan ada resiko denda dan juga bunga yang harus dibayar.
  • Kurang aman dan mudah disalahgunakan pihak lain.

Itulah beberapa ulasan mengenai perbedaan kartu kredit dan debit yang bisa Anda ketahui.

Tinggalkan komentar